Sudahkah anda membaca al quran hari ini? Berapa ayatkah yang anda baca setiap hari? Ataukah sama sekali anda lupa atau dengan sengaja mengabaikannya?
Kadang tanpa kita sadari, dengan bertambah banyaknya aktifitas keseharian kita, seolah kita lupa dengan Al Quran yang kita taruh di atas meja kita, lemari atau munngkin dalam saku kita.
Seakan hanya sekedar menjadi hiasan maupun pajangan diantara buku-buku dan majalah lainnya… astaghfirullah..
Sungguh rugi bagi mereka yang jauh dari lantunan dan bacaan al quran.
Rasulullah SAW bersabda:
إن الذي ليس في جوفه شيء من القرآن كالبيت الخرب " . رواه الترمذي
“Sesungguhnya barang siapa yang dalam dirinya tiada bacaan al quran maka ia seperti halnya rumah yang roboh”
Diantara keutamaan membaca al quran adalah;
  1. Al Quran akan menjadi syafaat bagi orang yang membacanya.
Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadistnya:
اقرؤوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه (رواه مسلم)
“Bacalah Al Quran karena ia akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat kepada orang yang telah membaca dan mengamalkan isinya”
2. Al Qur’an adalah cahaya ditengah kegelapan
Sabda Rasulullah saw,”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)
  1. Satu huruf dalam Al Quran sama dengan satu kebaikan, dan satu kebaikan itu berpahala 10 kali lipat.
Rasulullah SAW bersabda:
من قرأ حرفا من كتاب الله فله حسنة و الحسنة بعشر أمثالها, لا اقول الم حرف و لكن: ألف حرف و لام حرف و ميم حرف. (رواه الترمذي)
“ Barang siapa satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan kebaikan itu mendapat pahala sepuluh kali lipat. Aku (Muhammad) tidak mengatakan “alif laam miim” itu satu huruf. Tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, miim satu huruf.”
  1. Sebaik-baik manusia yang mempelajari dan mengajarkan alquran
Sabda Rasulullah SAW:
خيركم من تعلم القرآن وعلمه ( رواه البخاري)
Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al quran dan mengajarkannya”
5. Ahlul Qur’an adalah keluarga Allah swt
Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau saw ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
  1. Yang mahir membaca dia akan bersama malaikat, dan yang terbata-bata mendapat dua pahala.
Sabda Rasulullah SAW
الذي يقرأ القرآن وهو ماهر به مع السفر البررة, و الذي يقرأ القرآن و يتتعتع فيه وهو عليه شاق له أجران (متفق عليه)
“Orang yang mahir membaca Al-Qur’an kelak (mendapat tempat disurga) bersama para utusan yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dan masih terbata-bata, dan merasa berat dan susah, maka dia mendapatkan dua pahala.”
Dua pahala ini, salah satunya merupakan balasan dari membaca Al-Qur’an itu sendiri, sedangkan yang kedua adalah atas kesusahan dan keberatan yang dirasakan oleh pembacanya.
Demikian beberapa keutamaan yang Allah berikan kepada orang-orang yang membaca al quran sekaligus mengamalkan isi kandungannya. Semoga tulisan ini dapat mengingatkan kita untuk selalu membaca al quran kapan dan dimanapun berada. Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah, tidak akan bisa dimasuki setan.” (HR. Muslim)
Bacalah al quran… bacalah dan amalkanlah kandungan isi yang ada dalam al quran itu, niscaya kita semua nantinya akan termasuk orang- orang yang beruntung kelak dihari akhir nanti. Amien
Di tulis oleh ray “ abumujaddid”
 
Top