Setan diciptakan ALLAH SWT sebagai musuh yg mesti diwaspadai oleh manusia. Sebab syetan adalah musuh yang nyata dan sebenar-benarnya bagi manusia, bahkan dalam menggoda manusia, syetan punya jurus atau langkah-langkah yang dia tekuni agar kita semua terjerumus dalam api neraka.

Silahkan baca artikel sebelumnya tentang: 6 langkah dan cara syetan menggoda manusia.
Namun bukan berarti tidak ada sifat ‘baik’ pada diri setan, ataupun hikmah yg bisa dipelajari oleh manusia. Lantas, apa saja sifat2 ‘baik’ setan yangg patut ‘ditiru’ oleh manusia? Saya dapatkan dari seorang teman, berikut ini sifat2 setan yang mesti dicontoh manusia:

1. Pantang menyerah , setan akan selalu menggoda imam manusia sebelum tujuannya tercapai.
Tentu ini bukan hal yang baru saja kita ketahui, sejak zaman dahulu hingga datangnya hari kiamat, syetan, iblis beserta bala tentaranya selama-lamanya tidak akan pernah putuh asa dalam menggoda manusia. Jadi sifat “Pantang menyerah” seperti ini seharusnya patut kita terapkan dalam menggapai cita-cita kita. Tentunya dalam kebaikan dan bukan sebaliknya.

2. Selalu berusaha, setan selalu mempunyai usaha yang kreatif dan inovatif untuk menggoda manusia agar terjerumus di dalam dunianya.
Sifat yang kedua ini juga perlu kita contoh, bahwa syetan atau iblis selalu berusaha dengan cara apa dan bagaimanapun agar kita semua tersesak, dari cara yang biasa hingga cara yang luar biasa. Buka: langkah dan cara syetan menggoda manusia.

3. Konsisten, setan tidak pernah mengeluh walaupun dia gagal untuk menggoda manusia, tapi dia tetap pantang menyerah.
Istiqomah dalam berbuat, meskipun kita pernah gagal, namun seharusnya kita selalu bangkit kembali dan selalu konsisten dalam berupaya mewujudkan angan dan cita-cita tersebut. Ini juga harus dan layak kita tiru dari karakter syetan tersebut.

4. Solider , setan tdk pernah saling menyerang satu sm lain, akan ttp mereka selalu berkerja sama dlm mencapai tujuan yaitu menggoda manusia.
Syetan menjunjung kebersamaan diantara golongannya. tidak mungkin syetan penggoda manusia di kamar mandi (contohnya) menguasai atau berebut kekuasaan dengan syetan yang menggoda manusia di tempat lainnya, saat shalat contohnya dll.

5. Jenius , setan memang pintar untuk menggoda manusia. Ia dapat menciptakan ide-ide kreatif dan tidak plagiat.

6. Tanpa pamrih , setan melakukan pekerjaan menggoda manusia 24 jam nonstop dan tidak meminta imbalan sedikitpun tidak seperti kita.
Sifat yang keenam ini jika mampu kita terapkan tentu akan berimbas kepada kemaslahatan bersama. Syetan tidak mengenal gaji bulanan, uang saku, uang pelican dll. Dia bekerja dari hidup sampai mati untuk menggoda manusia nonstop, tidak berhenti ambil cuti dan lain sebagainya.

7. Suka berteman , setan selalu ingin berteman dan dapat menjaga pertemanan (Setia, solider) agar temannya di neraka kelak akan banyak.
Dan sifat yang ketujuh ini, bahwa syetan senang berteman dan mempunyai banyak teman. Maka seharusnya kita juga senang untuk bersilaturrahim, menjaga persaudaraan sesame muslim dalam kebaikan. Dan tidak saling menyakiti.

Itulah tujuh sifat syetan dan iblis yang mungkin bisa kita ambil hikmah dan kita teladani dalam segi positifnya dan tentu saja, sifat-sifat setan tersebut mesti kita terapkan dalam hal kebajikan, bukan seperti yg setan lakukan. Gimana ? Setuju tah?
Silahkan disebar untuk kebaikan bersama.
 
Top