Hukum Oral Seks dan posisi 69 dalam Islam

Pertanyaan:

Assalamu’alikum
Maaf ustadz, saya mau bertanya tentang hukum oral seks atau mencium kemaluan pasangan baik untuk suami ataupun sebaliknya. Lalu bagaimana dengan oral seks dengan posisi *maaf posisi seks 69? Apakah itu dibolehkan?
Terima kasih atas jawabannya.

siFulan@gmail.com


Jawaban:

Bismillahirrahmanirrahim.
Hubungan seksual antara pasangan suami istri bukanlah hal yang terlarang untuk dibicarakan didalam Islam. Namun, bukan pula hal yang dibebaskan sedemikian rupa bak layaknya seekor hewan yang berhubungan dengan sesamanya.

Hubungan seks yang baik dan benar, yang tidak melanggar syariat selain merupakan puncak keharmonisan suami istri serta penguat perasaan cinta dan kasih sayang diantara mereka berdua maka ia juga termasuk suatu ibadah disisi Allah swt, sebagaimana sabda Rasulullah saw,

”..dan bersetubuh dengan istri juga sedekah. Mereka bertanya,’Wahai Rasulullah, apakah jika diantara kami menyalurkan hasrat biologisnya (bersetubuh) juga mendapat pahala?’ Beliau menjawab,’Bukankah jika ia menyalurkan pada yang haram itu berdosa?, maka demikian pula apabila ia menyalurkan pada yang halal, maka ia juga akan mendapatkan pahala.” (HR. Muslim)

Islam memandang seks sebagai sesuatu yang moderat sebagaimana karakteristik dari islam itu sendiri. Ia tidaklah dilepas begitu saja sehingga manusia bisa berbuat sebebas-bebasnya dan juga tidak diperketat sedemikian rupa sehingga menjadi suatu pekerjaan yang membosankan.

Pertanyaan tentang Jima’ dengan cara oral seks selalu menjadi primadona selama ini. Apakah tabu atau tidak. Tahukah Anda bahwa dalam Islam sebelum melakukan hubungan seks, kita dianjurkan untuk melakukan foreplay (mula’abah) atau permainan pendahuluan?

Ini dianjurkan agar hubungan seksual yang dilakukan tidak menyerupai hubungan seksual yang dilakukan oleh binatang. Tanpa pemanasan. Sehingga diharapkan tidak ada pihak yang tersakiti. Dan sangat diharapkan kedua belah pihak untuk bisa menikmatinya. Salah satu bentuk foreplay dalam pengetahuan seksualitas modern yaitu tadi oral seks, atau mencium farj (kemaluan) pasangan baik istri kepada suaminya ataupun sebaliknya. Dan lebih ‘ekstrim’ lagi yaitu dengan oral seks dengan posisi 69.

Lalu bagaimana kita menyikapi hal tersebut?
Para ulama berbeda pendapat dalam menyikapi masalah tersebut (oral seks). Ada yang membolehkan, namun ada yang memakruhkan dan condong untuk melarangnya.

1. Dibolehkan dengan syarat

Dibolehkan karena pada dasarnya segala sesuatu itu boleh (mubah) kecuali ada dalil yang melarangnya. Dan memang hal ini tidak bisa dihukumi sebagai perbuatan yang haram, karena tidak adanya dalil yang eksplisit yang mengharamkannya.

Seperti halnya jimak (bersetubuh) hingga orgasme dibolehkan karena itu adalah puncak kenikmatan, maka dibolehkan pula kenikmatan-kenikmatan yang didapat (meski tidak mencapai orgasme) yaitu cumbu rayu, berpelukan, mencium hingga oral yang membuat suami-istri saling menikmati.


Allah Berfirman dalam Al Quran:
”Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, Maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.” (QS. Al Baqoroh : 223)
Namun apabila oral seks ternyata telah terbukti membawa dampak bahaya bagi pasangan, seperti contoh oral seks yang mengakibatkan pasangan sakit atau tertimpa bahaya (mungkin karena kotor karena adanya najis atau adanya cairan yang berbau keluar dari farj) maka hal tersebut masuk pada kategori larangan dan tidak boleh dilakukan.


2. Makruh dan condong pada larangan.

Yang berpendapat tentang larangan oral seks dan termasuk didalam kategori tersebut adalah posisi 69 (maaf, posisi dimana pasangan saling berhadapan namun berlawanan arah kepala) karena hal tersebut menyalahi kodrat dan fitrah manusia sebagai hamba yang diberi akal fikiran yang lebih tinggi derajatnya dari binatang. Sebab manusia diberi lisan untuk membaca al Quran dan bertutur kata yang baik, maka tidak tepat jika digunakan untuk mencium ‘sesuatu’ yang bisa mengeluarkan najis (kencing, haid, madzi dst)

Tentu kita tidak akan pernah menemukan sepasang hewan yang melakukan hal tersebut, namun ternyata manusia banyak yang melakukan bahkan gemar dan menjadi cara yang populer dikalangan masyarakat saat ini.

Hal tersebut bisa terjadi karena pengaruh kehidupan masyarakat barat. Masyarakat Barat adalah masyarakat liberal (serba bebas) termasuk dalam urusan seksual. Tujuan akhir yang mereka cari hanyalah kepuasan, dalam hal ini orgasme. Jika pemanasan dalam Islam adalah agar farj istri siap dimasuki farj suami, maka Barat tidak mengharuskan jalan ini. Jika dengan dimasukkan dubur wanita/ pria atau mulut wanita/ pria bisa tercapai kepuasan, maka hal itu akan dilakukan. Itulah sebabnya kenapa posisi 69 menjadi pilihan masyarakat barat, khususnya kaum gay dan lesbian.

Jika dalam kehidupan sehari-hari saja kita dilarang untuk bersikap tasyabuh (ikut-ikutan), maka apalagi dalam masalah jimak yang mana didalamnya islam menjunjung tinggi fitrah manusia yang diberi akal fikiran, tentu dilarang pula untuk bertasyabuh dengan mereka. Wallahua’lam

Kesimpulan:

Cara seks dengan oral dan juga termasuk didalamnya posisi 69 pada hakikatnya adalah boleh. Namun meskipun hal itu mubah, tetapi lebih afdhol dan lebih baiknya ditinggalkan.

Pada dasarnya sepasang suami-istri boleh bersenang-senang dengan saling menikmati seluruh badan antara satu sama lainnya kecuali jika ada dalil yang melarangnya. Akan tetapi perbuatan tersebut tidak disukai (makruh) karena masih ada cara lain yang lebih baik dan menyenangkan.

Di lain sisi jika seks oral membawa dampak bahaya bagi pasangan, maka sudah seharusnya dijauhi karena mengingat Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam pernah  bersabda:
لا ضَرَرَ ولا ضِرارَ
"Tidak boleh memulai memberi dampak buruk (mudhorot) pada orang lain, begitu pula membalasnya." (HR. Ibnu Majah no. 2340, Ad Daruquthni 3: 77, Al Baihaqi 6: 69, Al Hakim 2: 66. Kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih).

Oleh: Abu Syauqie Al Mujaddid (Pengasuh Solusi Islam & Islamisasi)

Post a Comment Disqus Blogger

  1. Terima kasih telah memberikan solusi bukan janji,Smg semakin sukses.

    ReplyDelete
  2. Semoga bisa selalu menjadi panduan kebaikan bagi kita semua :) Berani Hijrah Aamiin.

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas penjelasannya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Subhanallah artikel yang sangat inspiratif terima kasih sudah berbagai....izin kan saya untuk membagikan ulang, terima kasih sebelum nya.

    ReplyDelete
  5. kalau nggak membahayakan baik-baik saja yang ustadz yang penting nggak banyak mudhorotnya hehehe

    ReplyDelete
  6. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh dokter-dokter di inggris bahwa oral seks adalah penyebab no 1 terjadinya kanker mulut. jadi hati2 teman dalam melakukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merokok lebih bahaya

      Delete
  7. SILAHKAN BELAJAR ISLAM DI Video Channel Islam :

    VIDEO KISAH MUALLAF DUNIA :
    https://www.youtube.com/user/DuniaMuallaf/videos

    DIALOG DAMAI ISLAM - KRISTEN DR. ZAKIR NAIK :
    https://www.youtube.com/channel/UCiMXLMY-X9hiFJWM76TyRKw/videos

    VIDEO KRISTOLOGI UNTUK MENGHADAPI KRISTENISASI :
    https://www.youtube.com/user/kristensebenarnya/videos

    Info Muallaf Dunia :
    http://duniamuallaf.blogspot.com/

    Penting Untuk Muslimah : "Info Tentang Jilbab Syari" :
    http://ayo-berjilbab.blogspot.com/

    [Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala orang yang mengerjakannya. (HR. Muslim no. 1893)]

    [Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalnya KECUALI TIGA PERKARA : Shadaqah Jariyah, Ilmu Yang Bermanfaat, Anak Sholih Yang Mendoakan]

    ReplyDelete
  8. sangat bermanfaat ustdz sykuran.....

    ReplyDelete
  9. mantap info yang sangat bermanfaat bagi suami istri berguna banget menurut ajaran islam.maturnuwun

    ReplyDelete
  10. sedikit lebih lunak.. dan hati saya sedikit lebih tenang, karna banyak juga pendapat yang mengharamkan secara mutlak dengan dalil menyerupai seperti apa yang yg dilakukan orang kafir.. kecuali ada dalil tegas yang melarang perbuatan tsb..

    ReplyDelete
  11. Q klo tdk dioral tdk orgasme. Trus gmn dong solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh weleh.. nduk...Fitri Nuriyah,cantik sekali namamu... opo iyo koyo ngunu nduk ?!
      solusinya ya lakukan oral sex.. why don't? pokok'e ora wayah "come moon", mesakke suamimu nduk

      Delete
  12. keren artikelnya gan
    kunjungi juga ya gan dengan web kebanggan kami poker online indonesia http://www.betdanwin.com/
    ada komisi referral 50% untuk member yang mengajak teman-temannya mohon partisipasinya siapa tau membutuhkannya makasihh gan :)

    ReplyDelete
  13. Bagus infonya, jadi bisa menjadi patokan umat muslim

    ReplyDelete
  14. Cara-cara bersetubuh oleh Barat tidak banyak manfaatnya terhadap kesihatan. Cara-cara bersetubuh Islam lebih baik, cumanya tidak kita tahu..

    https://www.scribd.com/doc/312048831/Seni-Puncak-Asmara-Notes

    ReplyDelete
  15. SUDAHKAH ANDA MENDAPATKAN GAME INDONESIA TERBARU, TERBAIK, TERPOPULER & MENARIK??

    JIKA MASIH SAJA BELUM MENDAPATKAN GAME INDONESIA TERBARU, TERBAIK, TERPOPULER & MENARIK??

    BURUAN YUK GABUNG SEKARANG JUGA BERSAMA KAMI DI INDOMONOPOLY.COM

    -DEPOSIT 20.000

    -WITHDRAW 50.000

    -REFERRAL 50%

    -CASHBACK 10%

    UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI TEAM LIVECHAT KAMI YANG RAMAH UNTUK MELAYANI ANDA

    website http://goo.gl/mD5N9c

    fans page facebook https://goo.gl/tbPV30

    line official http://bit.ly/1PyPyKP

    BBM Pin : 5649B320

    Line : hermilyrostan

    http://idrmonopolyindo.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Terima Kasih atas Info yang Anda Berikan

    ReplyDelete
  17. Artikel yg bermanfaat memang mantap blog ini.. Update terus dan sukses selalu ya Gan

    ReplyDelete
  18. INDOMONOPOLY.COM MERUPAKAN SITUS JUDI ONLINE YANG TERPERCAYA DI INDONESIA.
    KAMI MENYEDIAKAN GAME TERBARU MONOPOLY YANG TELAH TERPERCAYA OLEH MASYARAKAT INDONESIA
    DENGAN PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW PALING LAMBAT HANYA 2 MENIT (SELAMA BANK ONLINE).
    TERTARIK / BERMINAT ,TAPI BINGUNG BAGAIMANA CARA GABUNG DI GAME KAMI?? BISA LANGSUNG HUBUNGI
    LIVE CHAT KAMI SETIA MELAYANI ANDA 24JAM. KEMUDAHAN HANYA BERSAMA KAMI DI INDOMONOPOLY.
    SETIA MEMBANTU ANDA SEMUA. KUNJUNGI WEB KAMI : http://bit.ly/1QULFBI

    ReplyDelete
  19. Terimakasih atas informasi yang anda berita, jangan lupa update terus ya ..

    ReplyDelete
  20. terima kasih atas informasinya. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  21. assalamualaikum wr wb
    pak ustadz .. saya mau nanyak.. gimana hukum membaca syahadat bagi orang murtad tapi saat membaca Syahadat didalam hati saya masih seakan akan mau melakukan dosa kecil..
    Giman hukumnya ya pak ustadz.. terimakasih
    assalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  22. Jadi kesimupalnnya Oral sek boleh. g tu aja pke pembahasan beberapa paragraf.... Doraemon juga punya nafsu ne :D hahhaahahahahahahahahhahaaahahhaahh........... Atas ane gw sodok tar

    ReplyDelete
  23. Terimakasih.. saya jadi tahu sekarang...

    Mudah mudahan banyak yang meninggalkan karena ini banyak mudhorotnya...

    Salam dari Ukhtiy Muslimah :)
    Terimakasih

    ReplyDelete

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top