assalamu'alaikum,
Mohon pencerahanya ustad
sy umur 26th dan suami 27th menikah 2th lalu dikaruniai seorang putra umur 14bulan
sdh 2bln lebih ini sy tdk serumah dgn suami,
slma serumah sy harus nurut sm kemauan orgtuanya bkn kehendak suami sendiri ustad,krn suami anak tunggal (dan anak angkat)semua harus nurut orang tuanya.setiap ada maslah suami tdk pernah memberikan solusi,suami jg tdk pernah membela sy bl orangtuanya memaki sy.
Sy dianggap orgtuanya mau menguasai harta&suami,pdhl sy tdk pernah menuntut apapun dr suami&tdk pernah mengunakan hartanya.(sy hanya mengunakan uang yg diberi suami,itupun setiap bulan untuk keperluan sy sndiri,dapur,susu anak sy hrs gunakan uang sy sendiri).
suami pernah janji bila ada maslh spt itu lg dgn orgtuanya kami akan kontrak,tp stlh terjadi suami tdk mau kontrak krn orangtua gondeli.
dr stu sy dblg tdk mau nurut suami,slama 2bln lbh ini ustad suami tdk pnh menjhubungi,menengok&memberi nafkah sy&anak.sy berkali2 menghubungi suami tp tdk ditanggapi.
Kbr terakhir yg sy dgr orangtua suami minta agar suami mau pisahan dgn sy,suami menyanggupi asalkan orangtuanya mau membelikan motor gede.
sampai skrg tdk ada penyelesaian ustad,apa yg harus sy lakukan??
tadinya sy mau kmbali kerumahnya tgl bersama dgn orgtuanya jg.tp skp suami sy yg spt itu&orang tua yg tdk lagi menghendaki sy,sy urungkan niata itu.
haruskah sy mempertahankan rmh tangga sy??
sebelumnya terima kasih ustad,
wassalamu'alaikum

Afni*******@gmail.com



Tanggapan:

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelumnya kami mohon maaf atas kelambatan respon dari kami, namun semoga hal tersebut tidak menghalangi kita untuk senantiasa terus mencari solusi yang terbaik dalam menghadapi segala permasalahan-permasalahan yang saat ini sedang kita rasa.

Kami turut prihatin dengan kondisi rumah tangga anda, semoga dibalik itu semua ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. Yakinlah bahwa semua yang sedang terjadi ataupun yang kelak akan terjadi tersebut atas kehendak dan ada ijin Allah didalamnya.

Banyak sekali permasalahan rumah tangga yang terjadi, diantara penyebabnya kurangnya komunikasi antara suami dengan istri ataupun sebaliknya, begitu juga dengan hadirnya pihak ketiga, baik dari orang terdekat ataupun orang lain yang masuk dalam kehidupan rumah tangga tersebu, atau bahkan banyak juga kita temukan permasalahan sepele dan ringan, namun akhirnya menjadi besar yang sulit untuk diurai karena sikap egois, tidak bijaksana, kurang dewasa dalam menyikapi baik dari pihak istri ataupun suami.

Dan permasalahan yang anda rasa saat ini tentu sudah bukan masalah sepele lagi, karena didalamnya sudah menyangkut hak dan tanggungjawab suami terhadap istri atau sebaliknya.

Pertama, hal diatas yang telah anda kisahkan, bisa jadi adanya salahfaham antara anda dengan mertua anda. dan hal yang demikian biasa terjadi karena kurangnya komunikasi antara sang mertua dengan sang menantu. maka saran kami, jika memang hal yang terjadi tersebut masih 'dugaan'. atau anda menilainya dari sisi anda, maka anda harus mengetahuinya dengan sebenar-benarnya dari pihak mertua.

Tentu sebagai mertua tidak begitu saja memperlakukan istri anaknya (menantu) seenaknya tanpa didasari alasan yang jelas, jika lah ada satu atau dua hal yang tidak disukai mertua dari diri anda, dan anda tahu itu, maka anda harus sedikit mengalah dan sabar, hal yang demikian tentu lebih baik dibandingkan harus membuat perselisihan yang sepele.

Namun jika anda tidak mengetahui penyebab dari sikap mertua yang kurang baik (menurut anda) maka anda harus mencari tahu apa penyebabnya, anda harus berani bertanya dengan cara yang baik dan halus yang tidak melukai hari beliau, bicaralah dengan baik-baik secara pribadi tentang semua prasangka anda selama ini, bisa jadi prasangka anda terhadap mertua tak seburuk kenyataannya. Dan jika sudah demikian, akhirnya anda akan mendapatkan sebab musabab dan akar permasalahan yang terjadi antara anda, suami anda dan mertua anda. dan mampu mencari solusi yang tepat dari masalah tersebut.

Kedua, anda kembali menegaskan kepada suami anda tentang masalah ini, ingatkan dia akan tanggungjawabnya sebagai seorang suami, seorang bapak dari anak anda, tanpa mengurangi tanggungjawab dia selaku anak dari mertua anda. Ingatkan dia akan pedihnya siksa Allah jika dia tidak mampu berbuat adil terhadap keluarga (dan ini tentu disampaikan dengan cara yang baik dan lembut). Seorang anak memang tetap wajib berbakti kepada orang tua, baik orang tua kandung ataupun asuh kapan dan dimanapun, akan tetapi tentu dia harus ingat bahwa masih ada tanggungjawab lain yang sekarang dia emban dan pasti kelak akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah.

Ketiga, Jikalah solusi diatas belum juga memberikan hasil yang baik, maka yang ketiga ini adalah meminta bantuan kepada orang terdekat anda. Alangkah lebih baiknya hal ini juga anda bagi dengan family dari anda, baik orang tua ataupun saudara anda yang bisa membantu dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Didalam Al Quran sendiri disurat An Nisa 35 telah diajarkan tentang bagaimana solusi disaat ada perselisihan antara suami dengan istri:

"Jika terjadi perselisihan di antara sepasang suami-istri, dan kalian khawatir perselisihan itu akan berakhir dengan perceraian, tentukanlah dua orang penengah: yang pertama dari pihak keluarga suami, dan yang kedua dari pihak keluarga istri. Kalau pasangan suami-istri itu benar-benar menginginkan kebaikan, Allah pasti akan memberikan jalan kepada keadaan yang lebih baik, baik berupa keharmonisan rumah tangga maupun perceraian secara baik-baik. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui perbuatan lahir dan batin hamba-hamba-Nya".

Dan terakhir, atau yang keempat, kembalikanlah semua ini kepada Allah dengan senantiasa istiqamah dan menambah ibadah kita kepada-Nya. diawal kami katakan bahwa semua ini terjadi tak lain juga atas kehedak Allah, maka mintalah kemudahan dan kekuatan agar ujian-ujian yang sedang anda terima ini segera diberi jalan keluar.

Tambahlah shalat dan baca Al Quran anda, berdoalah dengan sungguh-sungguh, luangkanlah waktu anda untuk senantiasa berdzikir dan berdoa kepada-Nya, sebab semua hal yang tidak mungkin dimata manusia itu masih sangat mungkin jika Allah berkehendak, dan semua hal kita anggap buruk, namun ternyata disisi ALLAH hal tersebut adalah yang lebih baik dan lebih benar bagi kita. Yakinlah bahwa akan ada hikmah dan pelajaran dari setiap ujian dan cobaan yang kita terima.

Dijawab oleh: Ust. Abu Syauqie Al Mujaddid

Post a Comment Disqus Blogger

  1. Perhatian :::::

    Kami adalah bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien,
    dinamis dan cepat terpercaya, bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
    kami mengeluarkan pinjaman jangka panjang
    Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi:

    Pinjaman Pribadi (pinjaman tanpa jaminan)
    Pinjaman Bisnis (pinjaman tanpa jaminan)
    Pinjaman konsolidasi
    Kombinasi kredit
    Perbaikan rumah
    Silakan, jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kami,
    Silahkan hubungi kami
    melalui e-mail: elitegrouploan@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

    ReplyDelete
  3. Pinjaman untuk pelbagai tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 10,000.00 dolar untuk 10 juta dolar
    Pada kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    pinjaman
    tempoh: sehingga 25 tahun bergantung kepada jumlah pinjaman yang anda perlukan.
    pelanggan mesti
    Melebihi usia o f 18 tahun
    Urus niaga ini adalah 100% selamat untuk semua clents
    Untuk maklumat lanjut mengenai kredit, sila hubungi kami melalui e-mel:
    (Daviesruthfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan kredit korporasi dan segala jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (dandavisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  6. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top